Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi.
Pada siklus I, model yang digunakan adalah teks contoh karangan berdasarkan pengalaman yang diambil dari media dan buku cetak dengan tema bencana alam dan museum. Sedangkan pada siklus II, model yang digunakan adalah teks contoh karangan yang dibuat oleh guru / peneliti dengan persetujuan dosen pembimbing dengan tema pantai dan pasar yang berada di lingkungan sekitar siswa.
Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan nontes. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman, sedangkan instrumen tes berupa observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Untuk lebih jelasnya silahkan download disini.
1. Bab I
2. Bab II
3. Bab III Download
4. Bab IV ; Download
5. Bab V
Pada siklus I, model yang digunakan adalah teks contoh karangan berdasarkan pengalaman yang diambil dari media dan buku cetak dengan tema bencana alam dan museum. Sedangkan pada siklus II, model yang digunakan adalah teks contoh karangan yang dibuat oleh guru / peneliti dengan persetujuan dosen pembimbing dengan tema pantai dan pasar yang berada di lingkungan sekitar siswa.
Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan nontes. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman, sedangkan instrumen tes berupa observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Untuk lebih jelasnya silahkan download disini.
1. Bab I
2. Bab II
3. Bab III Download
4. Bab IV ; Download
5. Bab V
Tidak ada komentar:
Posting Komentar